Media Asing Sebut Pemenang Asian Games Adalah Kampanye Jokowi

04/09/2018 18:42 WIB SPORT
jokowi.jpg

Jakarta, Harian Umum-  Penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang dianggap sukses, karena selain berlangsung dengan aman dan lancar, juga Indonesia berhasil memenuhi target masuk 10 besar dengan berada di peringkat empat, dan melampaui targt perolehan medali yang ditetapkan Kemenpora

Suksesnya penyelanggaraan Asian Games ini juga membuat Presiden Jokowi banjir pujian.

Pengamat politik dari LIPI, Syamsuddin Haris, menilai, suksesnya penyelenggaraan Asian Games ini akan menaikkan posisi tawar Jokowi pada Pemilu 2019, karena prestasi ini akan menjadi bahan kampanye yang bisa mendongkrak elektabilitas calon oetahana oada Pilpres 2019 itu.

"Tentu saja Asian Games ini akan memberikan dampak yang sangat positif pada elektabilitas Jokowi," kata Syamsuddin sebagaimana dikutip dari laman South China Morning Post, Selasa (4/9/20!8).

Pernyataan Syamsuddin muncul dalam berita media tersehut yang berjudul agak bombastis; "And the Winner of Asian Games is...Indonesian President Joko Widodo's re-election campaign".

Menurut Haris, pembukaan Asian Games yang dikagumi banyak orang, juga akan menjadi sebuah kampanye cerita sukses bagi Presiden termasuk dalam menjangkau para swing voters. Acara ini juga mengantarkan pesan yang kuat mengenai keberagaman etnik dan agama di Indonesia yang memiliki populasi sekitar 260 juta.


Jokowi kemudian dibandingkan dengan Presiden AS Barack Obama yang dalam periode kepresidenannya juga meraup banyak simpati termasuk dari kalangan milenial.

"Orang-orang Indonesia bisa melihat bagaimana para atlet berjuang untuk kemenangan dan meraih medali emas dan pemenang tak hanya mereka yang Muslim namun juga keturunan Tionghoa, Kristen, Hindu dan Buddha," kata Syamsuddin Haris menambahkan. (sumber: Viva)

BERITA TERKAIT