Demokrat Kembali ke Pangkuan Koalisi Gerindra, PAN dan PKS

10/08/2018 21:24 WIB POLITIK
prabowo dan sby.jpg

Jakarta, Harian Umum-  Partai Demokrat masuk lagi ke koalisi Gerindra, PKS dan PAN setelah meninggalkan-nya pada Kamis (9/8/2018) malam akibat kecewa karena Prabowo memilih Sandiaga Uno sebagai Cawapres-nya, bukan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Kembalinya Demokrat ke poros Koalisi Keumatan ini terungkap saat Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan mendatangi kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Jumat (10/8/2018).

"Sejak awal sudah kami katakan bahwa Partai Demokrat mengusung dan mendukung Prabowo Subianto sebagai calon presiden, dan hari ini kami buktikan itu. Tentang siapapun wakilnya, sekarang Pak Sandi. Itu kewenangan calon presiden, dan karena itu kami terima," katanya kepada wartawan.

Ia bahkan memastikan bahwa Demokrat akan ikut mengantar Prabowo-Sandiaga Uno mendaftar ke KPU. Namun sebelum ke kantor lembaga penyelenggara Pemilu itu, rombongan akan singgah dulu di kediaman Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di rumahnya di Kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan.

Dari situ, rombongan ke Masjid Sunda Kelapa untuk shalat Jumat, dan baru ke KPU. 

Seperti diberitakan sebelumnya, keluarnya Demokrat dari Koalisi PAN, PKS dan Gerindra diketahui dari cuitan Wasekjen Demokrat Andi Arief melalui akun Twitter-nya, karena Demokrat tak setuju Prabowo menjadikan Sandiaga Uno sebagai Cawapresnya. Demokrat ingin yang dipilih Prabowo adalah AHY.

Pagi ini para petinggi Demokrat mengadakan rapat untuk menentukan arah partai, karena jika Demokrat tidak mengusung Capres-Cawapres, maka tak bisa mengikuti Pemilu.

Jika Demokrat ingin bergabung ke kubu Jokowi, maka seperti dikatakan Ketua Umum PPP Romahurmuziy, partai berlambang Mercy ini hanya dapat menjadi partai pendukung, bukan pengusung, karena partai-partai pengusung Jokowi-Ma'ruf Amin, telah tanda tangan kemarin sore saat pasangan Jokowi Ma'ruf dideklarasikan.

Hasil rapat itu dikabarkan Andi Arif melalui akun Twitter-nya, @AndiArief_.

"Alhamdulillah, majelis tinggi partai Demokrat sudah mengambil keputusan," katanya.

Prabowo sendiri menyambut baik keputusan Demokrat kembali ke koalisinya.

"Ini sesuatu langkah besar dari SBY dan saya berniat untuk segera 'sowan' ke beliau," ujarnya.

Apa yang dikatakannya itu ia buktikan karena sebelum ke Masjid Sunda Kelapa, ia dan Sandiaga serta rombongan, singgah ke kediaman SBY di Kuningan, Jakarta Selatan. (rhm)

BERITA TERKAIT