Taufik Dinilai Layak Gantikan Sandi Sebagai Wagub DKI

09/08/2018 22:41 WIB POLITIK
faufik.jpg

Jakarta, Harian Umum-  Ketum Solidaritas Aksi Perubahan Untuk Jakarta (SAPU JAKARTA) Harry Ara Hutabarat menilai, Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta, M Taufik, layak menjadi wakil gubernur menggantikan Sandiaga Uno yang sudah dipastikan maju ke Pilpres 2019 sebagai Cawapres Prabowo Subianto.

Pasangan Prabowo - Sandiaga Uno akan dideklarasikan malam ini dikediaman Prabowo di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan.

"Majunya Sandi di Pilpres tahun depan sebagai Cawapres 2019, akan membuat kursi DKI 2 kosong karena Sandi telah menyatakan akan mundur dari jabatannya setelah deklarasi," katanya kepada harianumum.com melalui siaran tertulis, Kamis (9/8/2018).

Menurut aktivis yang juga seorang praktisi hukum ini, karena Sandi merupakan politisi Gerindra, maka jika dia mundur, seyogyanya pengganti Sandi juga dari partai yang sama.

"Dan saya menilai Taufik merupakan figur paling layak untuk menggantikan SandI, karena Ketua DPD Gerindra DKI yang juga Wakil Ketua DPRD DKI ini merupakan figur yang sangat memahami aturan di pemerintahan dan dekat dengan semua lapisan masyarakat," katanya.

Ia bahkan menganggap Taufik dapat menjadi jawaban dari harapan masyarakat Ibukota ke depan, karena pemahamannya dalam hal pemerintahan dan dalam permasalahan di Ibukota.

"Kedekatan Taufik dengan semua kalangan akan menjadi suatu energi dalam kepemimpinan Jakarta ke depan untuk memperkuat posisi Gubernur Anis dalam melyani Warga Ibukota," pungkas Harry. 

Seperti diketahui, Sandi telah dipastikan menjadi Cawapres Prabowo, dan pasangan itu akan dideklarasikan sore atau malam ini.

Sebelumnya, Taufik mengatakan kalau Sandi akan mundur dari jabatannya, kemungkinan pada Jumat  (10/8/2018) pagi, dan sesuai UU Pengisian Jabatan, posisi Wagub diusulkan partai pengusung saat Pilkada, dan dipilih DPRD.

"Sesuai UU pengisian jabatan, wagub diusulkan oleh partai pengusung dipilih DPRD," katanya.

Sandi juga diketahui telah mengajukan surat keterangan tidak pailit ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, sebagai persiapan sebagai Cawapres.

"Iya, barusan Sandiaga (mengajukan). Sudah ada tiga orang yang ajukan, Jokowi, Prabowo, Sandiaga," kata pejabat Humas PN Jakpus, Jalamudin Samosir, kepada wartawan hari ini. (rhm)

BERITA TERKAIT