Kapal Ferry Tenggelam di Selayar, 13 Penumpang Telah Dinyatakan Tewas

04/07/2018 02:16 WIB KRIMINAL
momen saat kapal akan tenggelam.jpg

Selayar, Harian Umum-  Sedikitnya 13 orang telah dinyatakan tewas akibat tenggelamnya KM Lestari Maju di perairan Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, Selasa (3/6/2018) sekitar pukul 13:40 WITA.

Menurut informasi, sebelum kejadian, sekitar pukul 10:00 WITA kapal penyeberangan antarpulau itu bertolak dari Kabupaten Bulukumba menuju Pelabuhan Pamatata di Kabupaten Selayar.

Saat tiba di lokasi kejadian, KM jenis ferry itu mengalami trabel atau kejadian dimana air laut masuk ke dek di lantai bawah, sehingga oleng.

Kondisi ini membuat sekitar 139 penumpang yang diangkut kapal itu, yang terdiri dari orang tua dan anak-anak, panik. Di antara mereka ada yang terlebih dulu mengambil jaket keselamatan dan pelampung, lalu menceburkan diri ke laut, namun ada pula yang langsung menceburkan diri tanpa pengaman apa pun.

Selain 13 orang tewas, belasan penumpang juga dikabarkan luka-luka dan dilarikan ke Puskesmas setelah berhasil dievakuasi tim SAR ke Pantai Pa'baddilan, Desa Bungayya, Kec. Bontomate'ne, Kabupaten Kepulauan Selayar.

Selain mengangkut 139 penumpang, berdasarkan maninfest kapal, diketahui kalau kapal ferry ini juga mengangkut 18 sepeda motor, 14 mobil pribadi, 8 truk dan 2 unit bus.

Syahrir (18), salah seorang penumpang selamat, mengatakan, saat kejadian cuaca sedang buruk.

"Hujan deras dan ombak besar," katanya.

Kasus ini menambah panjang daftar kecelakaan sarana transportasi laut, setelah sebelumnya KM Sinar Bangun tenggelam di Danau Toba dan menewaskan 19 penumpang, sementara 190 penumpang lainnya dinyatakan hilang, namun diduga ikut tenggelam bersama kapal itu yang bangkainya ditemukan di dasar danau pada kedalaman 455 meter. (rhm)

 

 

BERITA TERKAIT