Anies-Sandi Tunjuk Sekda Pimpin Perombakan Pejabat DKI

12/06/2018 17:18 WIB PEMERINTAHAN
saefullah.jpg

Jakarta, Harian Umum- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan dan Wagub Sandiaga Uno menunjuk Sekretaris Daerah (Sekda) Saefullah sebagai pimpinan panitia seleksi (Pansel) perombakan pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Sandi mengaku, Anies telah menandatangani keputusan itu dan Pansel akan mulai bekerja usai libur Lebaran Idul Fitri 2018.

"Pansel sudah dibentuk dan ditanda tangan Pak Gubernur. Akan diketuai Pak Sekda, setelah 21 Juni Pak Sekda bisa berikan pernyataan resmi," kata Sandi usai acara buka bersama wartawan Balaikota di Jakarta Pusat, Senin (11/6/2018) malam, seperti dikutip dari CNN Indonesia.

Sandi meminta semua pihak untuk bersabar dan memberikan kesempatan bagi Pansel untuk bekerja mengevaluasi jajaran SKPD.

Meski tak merinci, Sandi mengatakan akan ada evaluasi terhadap posisi penting di jajaran dinas DKI Jakarta.

"Ini Pansel yang diharapkan mampu melakukan pekerjaan integratif, efektif, efisien, dan berbasis meritokrasi untuk melakukan evaluasi terhadap beberapa posisi penting yang kita ingin ada penyegaran maupun kita ingin ada peningkatan kinerja," lanjut Sandi.

Seperti diketahui, saat melantik delapan pejabat dalam rangka mengisi empat jabatan kosong pada Januari 2018, Gubernur Anies Baswedan mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan perombakan secara menyeluruh, namun dilakukan secara bertahap.

Namun Anies kemudian mengalami banjir kritik karena hingga tujuh bulan pemerintahannya paska dilantik pada 16 Oktober 2017, mutasi dimaksud tak kunjung dilakukan.

Belakangan mantan Presidium Relawan Anies-Sandi (PRASS) Tom Pasaribu mengungkap bahwa Anies gamang untuk merealisasikan kata-katanya karena orang dekat Sandi yang berinisial P diduga melobi pejabat yang menjadi target pengantian. Kejadian ini bahkan memicu kabar kalau hubungan Anies-Sandi menjadi renggang.

Pasca pengungkapan ini, mendadak mutasi terjadi dengan lancar. Dimulai dengan pelantikan 500 lebih kepala sekolah, guru, dan widyaswara, dan diikuti pelantikan 31 pejabat eselon III dan IV.

Terakhir, Anies dikabarkan mencopot Kepala Dinas Pendidikan Sopan Adrianto, Kepala Dinas Perumahan-Pemukiman Agustino Darmawan, dan Kepala Badan Pelayanan Pengadaan Barang dan Jasa (BPPBJ) Indrastuty Rosari Okita dan posisinya untuk sementara diisi pelaksana tugas (Plt).

Soal pencopotan ketiga pejabat ini, Sandi mengatakan agar kinerja SKPD yang pimpinannya dicopot itu, meningkat.

"Jadi, sudah ada keputusan dari Pemprov, Pak Gubernur dan kami konsultasikan juga bahwa ada tiga unit SKPD, UKPD (Unit Kerja Perangkat Daerah) yang kami lakukan penyegaran. Kita harapkan untuk meningkatkan kinerjanya ke depan," ujar Sandi usai menghadiri grand opening toko daging OK OCE di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Sabtu (9/6/2018). (man)

BERITA TERKAIT