SGY Sebut Amien Rais Cawapres Ideal untuk Prabowo

17/05/2018 05:46 WIB POLITIK
amien rais.jpg

Jakarta, Harian Umum- Ketua Masyarakat Pemantau Kebijakan Eksekutif dan Legislatif (Majelis) Sugiyanto mengusulkan kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto agar menjadikan Amien Rais sebagai cawapresnya di Pilpres 2019.

"Pak Amien memang sudah tidak muda lagi, tapi kita belajar dari Malaysia, dimana Mahathir Muhammad yang sudah 93 tahun dapat memenangkan Pemilu, sehingga kembali menjadi Perdana Menteri negara itu," katanya kepada harianumum.com di Jakarta, Rabu (16/5/2018).

Diakui, Amien yang saat ini menjabat sebagai ketua Dewan Kehormatan PAN memang sudah tidak muda lagi karena lahir pada 26 April 1944 alias sudah 74 tahun, namun dari aktifitasnya selama ini dimana pria kelahiran Surakarta ini juga aktif mendukung Aksi Bela Islam, menunjukkan bahwa dia masih sehat dan tangguh seperti Mahathir Muhammad.

"Lagipula bangsa ini butuh Pak Amien, karena dia sama dengan Pak Prabowo; seorang nasionalis yang cinta kepada negara dan akan melalukan apa pun demi negara ini. Pak Amien juga yang membebaskan Indonesia dari Orde Baru yang otoriter, sehingga kita dapat menikmati susana kenegaraan yang lebih demokratis, yakni Orde Reformasi, dan Pak Amien digelari Bapak Reformasi," imbuhnya.

Di mata kader PAN yang akrab disapa SGY ini, Amien Rais merupakan paket lengkap yang layak menjadi Cawapres Prabowo. Ia bahkan yakin jika duet ini terealisasi, semua persoalan negara ini insya Allah akan dapat diselesaikan satu demi satu.

"Yang tak boleh kita lupakan adalah bahwa Pak Amien lah yang mendirikan PAN, dan PAN saat ini menjadi salah satu partai besar. Jadi, kalau Pak Amien menjadi Wapres, tentu dia dapat berbuat sebaik yang dia lakukan untuk partainya,"  imbuh dia.

Ketika ditanya bagaimana jika usul ini diabaikan mengingat PKS yang juga merupakan partai yang  telah resmi menyatakan berkoalisi dengan Gerindra dalam menghadapi Pilpres 2019, dan PKS bahkan telah menyodorkan sembilan nama untuk dipilih Prabowo sebagai Cawapresnya? SGY mengatakan bahwa ia percaya PKS dapat legowo jika Prabowo lebih memilih Amien Rais.

"Kita butuh Wapres yang mumpuni seperti Prabowo, berpengalaman seperti Prabowo, berani seperti Prabowo, dan memiliki jiwa nasionalis seperti Prabowo, dan semua itu ada dalam diri Amien Rais," tegasnya.

Seperti diketahui, Gerindra sudah memastikan akan mengusung ketua umumnya, Prabowo Subianto, sebagai  Capres di Pilpres 2019, dan keputusan ini didukung PKS sebagai mitra koalisi. PKS bahkan telah menyodorkan sembilan nama untuk dipilih Prabowo sebagai Cawapresnya. Di antara nama-nama itu ada Gubernur Jabar Ahmad Heryawan dan Presiden PKS Sohibul Iman.

Namun sejauh ini Prabowo belum memutuskan pilihan, Bahkan nama-nama seperti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan mantan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, dikabarkan masuk radar Gerindra untuk dijadikan Cawapres Prabowo.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Ferry Juliantono, mengatakan kalau pengumuman Cawapres Prabowo dilakukan pada Juli 2018 atau setelah lebaran, karena Agustus pendaftaran Capres-Cawapres. (rhm)

BERITA TERKAIT