Amin Rais Dilaporkan Ke Polda Metro Jaya Karena Partai Setan

16/04/2018 16:19 WIB HUKUM
Amien-Rais.jpg

Jakarta, Harian Umum - Mantan Ketua MPR RI Amien Rais dilaporkan ke Polda Metro Jaya. Amin dilaporkan karena pernyataannya mengenai partai setan dan partai agama oleh Cyber Indonesia.

"Kita buat laporan polisi terkait adanya kutipan di media sosial mengenai statement orang tidak bertuhan, statemen partai Allah, statemen partai setan," ujar Ketua Bidang Hukum dan Advokasi Cyber Indonesia Aulia Fahmi di Mapolda Metro Jaya, Minggu (15/4/2018).

Aulia menilai pernyataan Amien itu berbahaya. Bisa memecah belah umat beragama.

"Kami melihat di sini sebagai warga Indonesia dan umat islam, kami melihat ada upaya dikotomi, upaya provokasi yang membawa nuansa agama, sedangkan kami sama-sama tahu bahwa negara kita negara Pancasila dan berdasaran UUD 1945," kata Aulia. 

Laporan ini diterima polisi dengan nomor LP/2070/IV/2018/PMJ/Dit.Reskrimsus. Polisi menjerat dengan Pasal 28 ayat (2) Jo Pasal 45A ayat (2) UU RI No 19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI No 11 tahun 2008 tentang ITE dan atau Pasal 156 A KUHP.

Aulia membawa barang bukti diantaranya print out berita yang memuat pernyataan Amien Rais. 

Diketahui sebelumnya dalam ceramah di Masjid Baiturrahim, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, seperti diberitakan oleh media, Amien menyebut bahwa yang ada di dalam partai Allah hanyalah tiga partai yakni PAN, PKS, dan Gerindra. 

Kemudian, ia menyebut sebaliknya ada pula partai besar yang bergabung dengan partai setan. Namum tidak dijelaskan oleh Amin Rais siapa saja partai setan yang dimaksud.(tqn)

BERITA TERKAIT