Anies Akan Tutup Sense Karaoke

12/04/2018 21:04 WIB KRIMINAL
anies.jpg

Jakarta, Harian Umum-  Satu lagi tempat hiburan di Jakarta akan ditutup karena melanggar Pergub No 18 Tahun 2018.

Tempat hiburan tersebut adalah Sense Karaoke di Mangga Dua Square, Jakarta Utara, karena terbukti menjadi tempat peredaran Narkoba.

"Mereka akan menerima surat penutupan. Tanda daftar usaha pariwisata (TDUP)-nya akan dicabut," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meninjau proyek MRT di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Kamis (12/4/2018).

Mantan Mendikbud ini mengaku telah mendapat laporan utuh dari bawahannya terkait penggeledahan yang dilakukan Badan Narkotika Nasional (BNN) di tempat tersebut. Dia menegaskan, yang terjadi adalah pelanggaran dan sanksinya telah dituangkan dalam Pergub Nomor 18 Tahun 2018.

"Pasti ditutup, pasti ditutup. Tadi pagi saya sudah mendapatkan laporannya lengkap dan sudah diproses pencabutan TDUP-nya," ujar dia.

Sebelumnya, Pemprov DKI telah menutup Karaoke Diamond karena politisi Golkar Iwan J Piliang tertangkap sedang mengonsumsi sabu-sabu di situ, dan menutup Hotel Alexis karena menjadi ajang prostitusi.

Pergub Nomor 18 Tahun 2018 yang diterbitkan Anies pada Maret lalu memberi kemudahan bagi pengusaha hiburan, namun juga menerapkan aturan yang sangat ketat jika ketahuan melanggar.

Selain tak diizinkan menjadi tempat peredaran narkoba, tempat-tempat itu juga dilarang menyediakan perjudian dan prostitusi.

Aturan tentang larangan Narkoba tercantum pada pasal 54 ayat (1) yang berbunyi, "Setiap pengusaha dan/atau manajemen perusahaan pariwisata yang terbukti tidak melaksanakan kewajiban sebagaimana dimaksud dalam Pasal 38 Ayat (2) huruf t berdasarkan hasil temuan di lapangan, informasi yang bersumber dari media massa dan/atau pengaduan masyarakat dengan melakukan pembiaran terjadinya peredaran, penjualan dan pemakaian narkotika dan/atau zat psikotropika lainnya di lokasi tempat usaha pariwisata dalam 1 (satu) manajemen dilakukan pencabutan TDUP secara langsung tanpa melalui tahapan sanksi teguran tertulis pertama, teguran tertulis kedua, teguran tertulis ketiga dan penghentian sementara kegiatan usaha" .

Anies mengatakan, pemerintah membuat aturan  untuk mengubah perilaku, bukan sebagai pemberitahuan atau pengumuman.

"Dan peraturan ini akan kita tegakkan," tegasnya.

Untuk diketahui, pada Rabu (11/4/2018) malam hingga Kamis (12/4/2018) dini hri BNN menggeledah Sense Karaoke, dan mengamankan 36 orang.

Dari penggeledahan itu disita barang bukti narkotika jenis sabu, ekstasi, ganja, dan ketamin yang dikemas dalam plastik kecil. 

Saat ini tempat hiburan itu telah disegel. (man)

BERITA TERKAIT