ICW Minta Masyarakat Jangan Sampai Pilih Calon Terjerat Hukum Saat Pemilu

12/01/2018 07:24 WIB POLITIK
download.jpg

Jakarta, Harian Umum  - Indonesia Corruption Watch ( ICW) meminta masyarakat yang akan ikut pemilu untuk tidak memilih bakal calon kepala daerah yang terjerat kasus hukum apalagi nama nama sedang di panggil oleh KPK.

Koordinator Divisi Korupsi Politik ICW,  Donal Fariz memberikan contoh nama-nama mantan anggota DPR RI periode 2009-2014 yang diduga terlibat dalam korupsi proyek e-KTP.

"Berdasarkan dakwaan yang dibacakan jaksa KPK, setidaknya ada 62 politisi yang menerima uang dari proyek itu," Katanya, Kamis (11/1/2018).

Donal mengatakan banyak politisi yang membantah terima dana mega proyek tersebut. Bahkan, ada politisi yang nekat menganggap dirinya difitnah dan beramai-ramai menyerang KPK.  Di samping itu, ada juga politisi yang mengembalikan uang dari bancakan e-KTP ke KPK.

"Kami tidak mau nama-nama yang disebut dalam dakwaan e-KTP yang terima uang, bertengger sebagai anggota legislatif dalam kartu pemilih," kata Donal.

KPK saat ini tengah memeriksa politisi dari partai Golkar, dua orang politisi di antaranya, Setya Novanto dan Markus Nari telah ditetapkan sebagai tersangka.

Donal berharap KPK bisa mempercepat pengungkapan kasus e-KTP hingga tuntas sehingga masyarakat bisa mengetahui siapa saja politisi yang  bersih atau tidak.(tqn)

BERITA TERKAIT