Zidane Merasa Takkan Lama di Madrid

09/01/2018 18:44 WIB SPORT
zidane.jpg

Jakarta, Harian Umum-  Zinedine Zidane sadar dalam tekanan setelah hasil tak memuaskan dalam beberap laga terakhir yang dijalani Real Madrid.

Terakhir,  Los Blancoa ditahan imbang Celta de Vigo, sehingga terpaku di peringkat empat klasemen sementara La Liga dan makin susah mengejar Barcelona yang menghuni pamuncak klasemen.

"Zidane merasa pencapaiannya sebagai pemain tidak dapat membantu banyak dalam posisinya sekarang sebagai pelatih Real Madrid," demikian dikutip dari Goal, Selasa (9/1/2018).

Zidane, yang membawa Madrid meraih gelar Liga Champions dua musim beruntun dan menyabet titel La Liga, namun tertinggal 16 poin dari rival abadi Barcelona, kini membuatnya dalam tekanan manajemen Madrid. Terlebih karena dari 17 pertandingan di liga, hanya sembilan yang dimenangi.

Ia pun sadar memiliki waktu yang terbatas sebagai pelatih Madrid.

“Zinedine Zidane bukan lagi pemain di Real Madrid. Zidane yang itu sudah tidak ada. Sekarang giliran Zinedine Zidane mengukir karier sebagai pelatih. Saya tidak dilindungi oleh apa yang telah saya lakukan sebagai pemain di klub ini,” katanya kepada France Football.

Ia menyadari kalau suatu hari nanti karirnya sebagai pelatih akan berakhir di Real Madrid, sehingga ia berupaya untuk memaksimalkannya dan untuk itu ia akan melakukan segalanya demi meraih sukses.

“Saya bilang kepada diri sendiri, ‘jika saya memiliki sisa sepuluh hari di sini, maka saya akan hidup dalam sepuluh hari itu hingga maksimal; jika ini enam bulan, saya akan hidup enam bulan itu hingga maksimal’. Saya tidak berpikir di luar itu. Tapi saya tahu saya tidak akan bertahan hingga sepuluh tahun,” tegasnya.

Madrid belum mencapai performa puncak di La Liga, gagal menang tiga kali dari empat laga terakhir dan tercecer di posisi keempat.

Namun Zidane mengatakan, kemampuannya mengabaikan tekanan dari luar krusial untuknya.

“Tekanan eksternal tidak memengaruhi saya. Saya membuat perisai di sekitar saya, tidak ada yang dapat mengganggu saya,” katanya. (rhm)

BERITA TERKAIT