Tiga Alasan Alumni ITB Minta Anies Baswedan Bongkar Pulau Reklamasi

08/12/2017 01:31 WIB PEMERINTAHAN
IMG_20171205_220004.jpg

Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung atau ITB minta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghentikan pembangunan pulau reklamasi keseluruhan dan membongkarnya. Inisiator Penggalangan Petisi Tolak Reklamasi Jakarta Alumni ITB, Muslim Armas mengatakan hasil kajian ikatan alumni ITB menunjukkan bahwa pulau reklamasi itu harus dibongkar. 

"Jadi ada sekitar 13 sampai 14 pulau lagi yang sebenarnya sedang pengajuan ijin, kita meminta kepada pihak Gubernur tidak menerbitkan ijin lagi kepada pulau-pulau tersebut. Dihentikan selama-lamanya," kata Muslim Armas.

Ada tiga alasan mengapa alumni ITB menolak reklamasi Teluk Jakarta. 

  1. Karena proses perizinannya yang tidak transparan, terutama yang menyangkut Analisis Dampak Lingkungan(Amdal) yang tidak melibatkan partisipasi publik ataupun stakeholders. 
  2. Menimbulkan dampak lingkungan, sosial, ekonomi yang luas dan massive.
  3. Menimbulkan biaya untuk mengatasi dampak tersebut yang harus ditanggung oleh pemerintah. Akhirnya pemerintah nanti mengambil uang dari rakyat juga. kita sebagai rakyat pembayar pajak tentunya tidak ingin semua dampak yang ditimbulkan oleh pengembang itu ditanggung oleh rakyat.

Tiga hal tersebut yang mendasari ikatan alumni ITB meminta reklamasi Jakarta dihentikan, Selasa, 5 Desember 2017.

Khusus Pulau C dan D, Ikatan Alumni ITB minta ada kajian mendalam terutama menyangkut mitigasi apakah memang itu bisa dipakai untuk publik.

"Tentunya harus dikaji lagi. Jangan sampai kita menimbulkan bencana di masa depan," kata Muslim Armas.

BERITA TERKAIT