Ekspansi ke Kepulaun Seribu, Ritz Carlton Bangun 114 Vila di Pulau Lancang Kecil

08/12/2017 01:21 WIB KEUANGAN
rizt.jpg

Jakarta, Harian Umum- The Ritz Carlton Hotel Company LLC, perusahan asal Amerika Serikat (AS) yang bergerak dibidang hotel dan resort, melebarkan sayapnya di Indonesia dengan membangun jaringan penginapan baru di Pulau Lancang Kecil, Kabupaten Kepulauan Seribu.

"Izinnya sudah diurus, dan pembangunan dimulai pada 2018. Pembangunan diperkirakan rampung dalam tiga tahun," ujar Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Sudinparbud) Kabupaten Kepulauan Seribu Cucu Ahmad Kurnia kepada harianumum.com di Jakarta, Kamis (7/12/2017).

Meski demikian Cucu mengatakan, hotel yang dibangun Ritz Carlton bukan gedung bertingkat, melainkan bangunan berupa vila dengan desain arsitektur khas Indonesia.

"Bangunannya tidak berdinding dari bata, dan atapnya ada yang menggunakan rumbia," katanya.

Jumlah vila yang dibangun mencapai 114 unit dengan investasi mencapai Rp500 miliar.

Pulau Lancang Kecil merupakan salah satu pulau yang belum berpenghuni di gugusan pulau-pulau di Kabupaten Kepulauan Seribu. Pulau ini berada di dekat Pulau Pari dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 45 menit dari Pantai Marina Ancol, Jakarta Utara.

"Pemandangan di pulau ini sangat indah, tak kalah dengan Maldives, dan pasirnya berwarna putih," jelas pemenang ajang Abang-None 1995 ini.

Ketika ditanya mengapa perusahaan sekelas Ritz Carlton berani berinvestasi di pulau yang belum berpenghuni? Cucu meyakini bahwa perusahaan yang telah memiliki 98 hotel dan resort di 30 negara itu pasti telah memperhitungkan segalanya dengan cermat dan matang.

"Lagipula dengan membangun penginapan di Pulau Lancang Kecil, Ritz Carlton dapat menarik wisatawan yang sedang pelesiran di pulau-pulau di Kepulauan Seribu, untuk menginap di tempatnya. Terutama wisatawan mancanegara dan wisatawan Nusantara dari kalangan atas," imbuhnya.

Cucu mengakui sangat bangga Ritz Carton melirik Pulau Lancang kecil, karena keberadaan penginapan berkelas dunia itu tak hanya akan meningkatkan pamor Kabupaten Kepulauan Seribu yang telah ditetapkan sebagai kawasan strategis pariwisata nasional oleh pemerintah, namun juga akan semakin menggairahkan industri pariwisata di kabupaten tersebut. (rhm)

BERITA TERKAIT