Polda Riau Gagalkan Penyelundupan Sabu-Sabu 17 Kg 

06/12/2017 22:29 WIB KRIMINAL
mertua-dan-anak-mantu-selundupkan-sabu-sabu-12-kg-dalam-karung-pisang-wBO.jpg

Jakarta, Harian Umum - Satu keluarga Mertua dan anak mantu berusaha menyelundupkan sabu-sabu seberat 12 kilogram (Kg) dengan menyamarkan dalam karung berisi pisang. Usaha penyelundupan ini berhasil digagalkan oleh kepolisian Daerah Riau saat mobil mini bus yang membawa barang haram berwarna kristal bening ini melintas di Simpang Bingung, Kecamatan Rumbai, Pekanbaru.

Kapolda Riau Irjen Nandang mengatakan, ada empat orang yang berhasil ditangkap dalam kasus penyelundupan sabu-sabu ke Pekanbaru, Riau. 4 orang berhasil diringkus. Mereka adalah Surya Arianto (31), warga Kota Dumai; dan Adnan (35), warga Bengkalis, warga Bengkalis; Sukarno (32), warga Kab Bengkalis; Simansyah (57), yang merupakan anak mantu dan mertua. 

Keempatnya diketahui mendapatkan sabu-sabu tersebut dari Malaysia. Mereka mengambilnya dari pelabuhan di Kota Dumai, Riau dengan upah masing masing Rp20 juta.

"Sabu-sabu tersebut berasal dari Malaysia. Penangkapan dilakukan setelah anggota mendapat laporan akan ada transaksi narkoba ke Pekanbaru," kata Kapolda saat jumpa persnya, Selasa (5/12/2017).

Kapolda menjelaskan sebelum tim lain juga menangkap tiga tersangka jaringan narkoba di wilayah Bengkalis, Riau. Dari tiga orang itu diamankan barang bukti 5 Kg sabu-sabu sehingga total ada 17 Kg sabu-sabu yang disita Polda Riau.

"Mereka ini beda jaringan, tapi sama-sama mendapat kiriman dari Malaysia," ucapnya.

Mereka ini dikenakan Pasal 114 ayat 2 jo Pasal 112 ayat 2 UU Narkotika, ancaman sedikitnya 5 tahun dan paling lama 20 tahun," tutur Nandang. (tqn)

BERITA TERKAIT