Bukan Delik Aduan Polisi Pulangkan Pelaku Penghina Habib Rizieq

06/12/2017 19:44 WIB HUKUM
xxvjbek92qwubk6jgult.jpg

Jakarta, Harian Umum - Kepolisian Polda Metro Jaya telah memulangkan Pria berinisial AS yang diduga menghina Ketua Umum Front Pembela Islam (FPI) Habib M Rizieq Shihab ke rumahnya. Polisi menilai, tak ada dasar hukum untuk menahan AS.

"Sudah dipulangkan semalam," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa (5/12/2017).

Menurut Argo, polisi mengamankan AS agar tidak dikeroyok massa. Sebab, foto dan identitas AS telah tersebar lantaran sejumlah postingan di akun Facebooknya yang dianggap menghina Habib Rizieq. 

Khawatir terjadi hal tak diinginkan, kata Argo, AS pun dibawa ke Mapolsek Kemayoran, Jakarta Pusat. Namun, massa semakin ramai di kantor polisi tersebut hingga akhirnya AS dipindahkan ke Mapolres Metro Jakarta Pusat. 

"Jadi intinya dia menulis (di Facebook), dia lalu diinterogasi di RT dan RW," jelasnya. 

Kemudian, polisi mengatakan, penyidik tidak bisa langsung menindak AS. Sebab, kasus dugaan penghinaaan ini harus didasarkan atas laporan korban langsung, yang dalam hal ini adalah Habib Rizieq. Karena, kasus tersebut merupakan delik aduan.

Di informasikan, seseorang berinisial AS dianggap menghina, Habib Rizieq, melalui akun Facebook-nya yang bernama 'Ukky Thiam'. AS kemudian diburu beberapa anggota organisasi masyarakat.

Awalnya, AS dikira telah diburu oleh anggota Lembaga Bantuan Hukum Kebangkitan Jawara dan Pengacara (Bang Japar) dan Front Pembela Islam (FPI) di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, pada Ahad (3/12) malam.

Sementara Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Pusat AKBP Tahan Marpaung mengungkapkan, yang membawa AS bukanlah anggota dua ormas itu, melainkan orang-orang masjid.(tqn)

BERITA TERKAIT