Parlemen Eropa Minta UE Embargo Senjata ke Arab Saudi 

02/12/2017 11:45 WIB POLITIK
arab vs yaman.jpg

Parlemen Eropa mengeluarkan resolusi, menjatuhkan embargo senjata kepada Arab Saudi. Alasannya, Saudi dianggap melakukan kejahatan perang di Yaman. Resolusi juga di iringin kritik terhadap anggota UE yang menjual senjata ke kerajaan Teluk tersebut.

Resolusi yang tidak mengikat tersebut didukung sebanyak 539 anggota parlemen mendukung, sedangkan 13 anggota lainnnya menentang.

“Parlemen Uni Eropa mengecam keras kekerasan yang sedang berlangsung di Yaman terhadap warga dan infrastruktur sipil,” bunyi resolusi parlemen Uni Eropa. dilansir oleh SINDOnews.com

“Puluhan serangan udara yang dipimpin Saudi membunuh dan melukai warga sipil termasuk penggunaan amunisi tandan yang dilarang secara internasional,” lanjut resolusi tersebut.

Anggota parlemen Eropa menyesalkan blokade Yaman oleh koalisi Arab yang dipimpin Arab Saudi. 

”Mengecam serangan udara koalisi tanpa pandang bulu yang menyebabkan korban sipil, termasuk anak-anak, dan penghancuran infrastruktur sipil dan medis,” bunyi kecaman anggota parlemen Uni Eropa, seperti dikutip Russia Today, Sabtu (2/12/2017).

Meski demikian dikecam, resolusi itu juga mengutuk tindakan pemberontak Houthi yang juga mengakibatkan jatuhnya korban sipil, termasuk melalui serangan rudal ke wilayah Arab Saudi.

BERITA TERKAIT